Ternyata Yang Memiliki Bokong Besar Itu Lebih Sehat

Pantatku sudah besar belom?

Tidak semua lemak yang menumpuk di badan seseorang memiliki efek kesehatan yang buruk. Tumpukan lemak di perut mungkin memberikan efek demikian, tetapi lemak yang menumpuk di pinggul atau bokong diketahui memiliki manfaat bagi kesehatan.

Seperti dilansir msn, Senin (10/9/12) berikut manfaat kesehatan yang didapatkan oleh orang yang memiliki bokong besar:

1. Memiliki risiko yang rendah terhadap diabetes

Orang yang memiliki bokong yang besar dan berisi mungkin memiliki risiko yang rendah terhadap diabetes. Jenis lemak yang umumnya ditemukan di sekitar pinggul dan bokong, yang dikenal dengan lemak subkutan, yaitu jenis lemak yang terkumpul di bawah kulit.

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan di Amerika, lemak subkutan dapat membantu meningkatkan sensitivitas hormon insulin. Insulin bertanggung jawab terhadap pengaturan gula darah sehingga dapat memberikan beberapa perlindungan terhadap diabetes.

 

2. Lebih mudah menurunkan berat badan

Lemak subkutan mungkin juga dapat membantu menurunkan berat badan. Sebuah studi menemukan bahwa tikus yang telah diberi transplantasi lemak subkutan, secara mengejutkan menunjukkan penurunan berat badan.

Lemak subkutan yang disuntikkan ke perut tikus menyebabkan sel-sel lemaknya menyusut meskipun tidak disertai perubahan diet atau tingkat aktivitas. Sehingga, orang yang memiliki lemak subkutan lebih banyak di bagian pinggul dan bokongnya cenderung lebih mudah menurunkan berat badan.

 

3. Kurang rentan terhadap penyakit jantung

Jenis lemak visceral yang mengumpul di perut dapat meningkatkan risiko diabetes dan penyakit jantung. Tetapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa lemak subkutan yang mengumpul di area pinggul dan bokong mungkin dapat memerangi penyakit tersebut.

Penelitian tersebut dilakukan dengan mentransplantasikan lemak subkutan ke perut tikus yang menyebabkan tikus mengalami penurunan berat badan hanya dalam waktu dua minggu, serta diikuti oleh perbaikan gula darah dan tingkat insulin yang baik untuk jantung.